Teknik Pengelasan

Tujuan Jurusan

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) merupakan sebuah jurusan/kompetensi keahlian yang berfokus untuk membuat produk perangkat lunak. Jurusan ini merupakan satu-satunya jurusan dalam bidang IT yang ada di SMK Negeri 1 Jenangan. Sebagai salah satu sekolah yang ditunjuk untuk melaksanakan program SMK Pusat Keunggulan, SMK Negeri 1 Jenangan telah menerapkan Kurikulum Merdeka dengan Capaian Pembelajaran yang dapat dilihat pada tombol di bawah ini.

Mobile Apps

Siswa diharapkan mampu membuat aplikasi mobile berbasis sistem operasi Android untuk dioperasikan di smartphone masing-masing.

Web Application

Siswa diharapkan mampu membuat aplikasi website dari nol dengan mengikuti standar pemrograman yang berlaku di dunia industri saat ini.

Desktop Software

Siswa diharapkan mampu membuat aplikasi berbasis desktop dengan menganalisa kebutuhan bisnis yang ada di dunia nyata.

IT Konsultan

Siswa diharapkan mampu memberikan gambaran dan saran pengembangan bisnis tradisional untuk menerapkan teknologi pada industrinya.

Fasilitas

Sarana dan prasarana penunjang pembelajaran di program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak

Laboratorium

Jurusan RPL dilengkapi dengan 5 laboratorium untuk menunjang pembelajaran produktif siswa. Setiap laboratorium ditujukan untuk berfokus pada pembelajaran tertentu.

Buku Pegangan Siswa

Jurusan RPL menyediakan berbagai buku pegangan siswa untuk membantu siswa lebih memahami materi yang diberikan oleh guru. Buku Pegangan Siswa dikelola oleh Perpustakaan SMK Negeri 1 Jenangan. Selain itu, beragam materi juga disediakan guru pada portal Virtual Class SMK Negeri 1 Jenangan.

Praktik Kerja Lapangan

Sebagai Sekolah Menengah Kejuruan, SMK Negeri 1 Jenangan bekerjasama dengan berbagai industri baik industri rumahan, startup, maupun perusahaan yang telah lama berkecimpung di dunia IT. Siswa dapat mendapatkan pengalaman sekelas industri dengan melaksanakan PKL di industri yang bekerjasama dengan sekolah.

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran sesuai Kurikulum Merdeka yang ditetapkan oleh Pemerintah

Basis Data

Pemrograman Web

Pemrograman Perangkat Bergerak

Pemrograman Berbasis Teks, Grafis, dan Multimedia